Open top menu
Selasa, 19 Desember 2017

IBADAH



ISLAM DAN THAHARAH
RUKUN ISLAM
1.      PENGERTIAN RUKUN ISLAM
Islam adalah agama yang diridhoi Allah. Rukun iman artinya dasar-dasar yang wajib dikerjakan orang lslam. Orang yang beragama islam wajib melaksanakan unsur-unsur dalam rukun islam.

2.      LIMA RUKUN ISLAM
1.      Syahadat
2.      Sholat
3.      Puasa
4.      Zakat
5.      Haji

3.      ARTI LIMA RUKUN IMAN
1.      Syahadat
Syahadat artinya persaksian. Persaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Seseorang mengucapkan syahadat artinya masuk agama islam.
Syahadat ada dua:
a.       Syahadat tauhid artinya persaksian atas ke-esaan Allah
b.      Syahadat rasul artinya persaksian bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah

2.      Sholat
Sholat artinya berdoa, yaitu beribadah kepada Allah yang diawali dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Sholat wajib ada lima macam yaitu subuh, dhuhur, asar, maghrib, dan isya’.

3.      Puasa
Puasa artinya menahan, puasa yaitu ibadah menahan dari makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa ramadhan wajib dikerjakan.

4.      Zakat
Zakat artinya suci. Zakat yaitu mengeluarkan sebagian harta dengan syarat tertentu.
Zakat ada 2 macam:
a.       Zakat fitrah yaitu zakat jiwa dibayarkan ketika akhir bulan ramadhan sampai sebelum shalat idul fitri. Zakat fitrah berupa makanan pokok seberat 2,5 kg.
b.      Zakat mal yaitu zakat harta. Dibayarkan ketika harta sudah mencapai jumlah tertentu.

5.      Haji
Haji artinya menyengaja. Haji yaitu menyengaja mengunjungi ka’bah dengan cara yang dicontohkan rasulullah. Ka’bah berada di kota Makkah. Ka’bah merupakan kiblat umat islam dalam melaksanakan shalat.

THAHARAH/ BERESUCI
1.      PENGERTIAN BERSUCI/ THAHARAH
Bersuci disebut juga thaharah. Bersuci adalah membersihkan diri dari hadas dan najis. Hadas adalah keadaan tidak suci pada seseorang dan menghalangi untuk shalat. Misalnya: kentut, buang air kecil, buang air besar, menyentuh kemaluan. Najis adalah kotoran yang menghalangi untuk beribadah. Misalnya: kotoran manusia, kotoran hewan, air kencing, darah, air liur anjing.



2.      MACAM-MACAM BERSUCI/ THAHARAH
1.      Wudlu
Wudlu adalah  menghilangkan hadas kecil dengan air. Contoh: kentut, buang air kecil, buang air besar.
2.      Mandi wajib
Mandi wajib adalah bersuci karena melakukan hadas besar. Contoh: wanita yang habis melahirkan
3.      Tayamum
Tayamum adalah bersuci sebagai pengganti wudlu dan mandi besar. Tayamum menggunakan debu yang suci. Kita dibolehkan tayamum bila:
a.       Tidak ada air
b.      Dalam perjalanan
c.       Sakit

3.      ALAT-ALAT BERSUCI
Alat untuk bersuci yang paling utama adalah air. Macam-macam air adalah:
a.       Air suci yang mensucikan.
Air suci yang mensucikan artinya air yang dapat digunakan untuk bersuci. Air ini belum tercampur benda apapun. Air ini tidak berasa, tidak berwarna, dan tidak berbau. Air ini disebut juga air mutlak. Contohnya: air ledeng, air sumur, air laut, air hujan, air danau, air mata air.
b.      Air suci yang tidak mensucikan
Air suci yang tidak mensucikan artinya air yang suci namun tidak bisa digunakan untuk bersuci. Air ini sudah tidak jernih lagi. Air ini sudah berbau, berwarna, dan berasa. Contoh: air sirup, air the, air kopi, dan air kelapa.

4.      MACAM-MACAM NAJIS
Najis terbagi menjadi 3 yaitu:
1.      Najis ringan (najis mukhafafa). Contoh: air kencing bayi laki-laki yang baru minum air susu ibu. Cara membersihkan najis ringan adalah dengan memercikkan air pada tempat yang terkena najis.
2.      Najis sedang (najis muthawasithah). Contohnya: kotoran manusia, air kencing. Cara membersihkan najis sedang adalah dengan mencuci sampai hilang bau, warna, dan rasanya.
3.      Najis berat (najis mughaladzah). Contoh: air liur anjing. Cara membersihkannya dengan mencuci dengan air sebanyak tujuh kali, salah satu pencuciannya dengan dicampur tanah.  
5.      TATA CARA ISTINJA’
Istinja’ artinya bercebok. Istinja’ adalah menghilangkan kotoran setelah buang air besar atau air kecil. Istinja’ dilakukan agar kotoran yang masih menempel hilang. Untuk melakukan istinja’ dengan air perhatikan cara berikut ini.
1.      Siramkan air pada bekas kotoran
2.      Gunakan tangan kiri untuk membersihkan
3.      Cucilah kedua tangan dan kakimu.
Apabila tidak ada air maka menggunakan tiga batu, tiga daun, atau menggunakan tisu. Istinja’ tidak boleh menggunakan tulang atau kotoran yang mengering. Cara istinja’ dengan selain air adalah menggosokkan batu daun atau tisu satu persatu sebanyak tiga kali.
6.      Doa masuk dan keluar kamar mandi
1.      Doa masuk kamar mandi
اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ اْلحُبُثِ وَاْلخَبَائِثِ
Alla-humma inni-a’u-zubika minal khubusi wal khaba-is
Artinya: ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan juga dari godaan syetan perempuan


2.      Doa keluar kamar mandi
غُفْرَانَكَ
Ghufra-naka

Artinya: (hamba mohon) ampun-Mu

0 komentar